Apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih plafon rumah

Apakah yang perlu dipertimbangkan dalam memilih plafon rumah

Apa saja ya yang perlu dipertimbangkan dalam memilih plafond rumah kita?. Pertanyaan itu tentunya terlalu luas jawabannya. Namun, siapa tahu artikel ini dapat membantu dalam mempertimbangkan hal terkait plafon bagi rumah anda.

Salah satu dari fungsi plafon adalah menambah keindahan ruangan dalam rumah. Terkait keindahan, variabel pembentuknya terkadang berbeda antar orang per orang. "Selera" istilah gampangnya - selera orang banyak bedanya. Sehingga dengan plafon yang pas dengan anda, maka kesan rumah anda yang ingin diciptakan bisa bertambah kuat. Dan yang terpenting adalah hunian anda akan lebih nyaman (buat anda sendiri terutamanya).

Bentuk plafon atau langit-langit pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti konsep desain  bangunan, konsep ruang interior, bahan plafon atau langit-langit yang akan digunakan, elevasi ketinggian  plafon dan ukuran ruang yang akan dinaungi oleh plafon itu sendiri.

Cara memilih plafon atau langit-langit rumah berdasarkan BENTUK DASAR

Untuk membantu Anda dalam memilih plafon atau langit-langit, anda harus terlebih dahulu menentukan bentuk dasar plafon yang dipilih. Secara umum ada tiga bentuk dasar plafon, yaitu :

- Plafon berbentuk rangka atap 

Untuk bentuk ini, ruang di bawah plafon atau langit-langit terlihat lebih luas. Ada dua jenis umum bentuk ini,  yaitu Cathedral (untuk atap segitiga truss) dan Shed (untuk atap miring). Gampangnya rangka plafonnya di bawah  rangka atapnya.

- Plafon berbentuk kubah (Dome) 

plafon atau langit-langit berbentuk kubah (dome) memberikan aksen khusus dengan tambahan lukisan dinding di  lengkungannya (mural). Bentuk ini memberikan kesan sebuah rumah yang tidak geometris.

Plafon berbentuk Datar (flat)

Bentuk plafon atau langit-langit ini berbetuk bingkai yang digantung dan dilampirkan bahan penutup. Bentuk ini  biasanya dikenal sebagai plafon atau langit-langit konvensional. Walaupun sudah banyak di modifikasi menjadi  bentuk tingkat, melengkung, dan kombinasi lainnya. Dikenal juga istilahnya plafon drop-dropan he he. Mungkin  maksudnya bingkai pinggir "ngedrop" dari bingkat lainnya.

Cara memilih plafon atau langit-langit rumah berdasarkan bahan

Dari bentuk dasar plafon atau langit-langit yang anda pilih dan anda dapat memilih alternatif bahan penutup.  Ada beberapa bahan umum plafon atau langit-langit meliputi seperti bambu, kayu, gipsum, kaca, kain, plastik,  asbes dan semen (GRC-fiberglass reinforced concrete). Mari kita tilik beberapa bahan-bahan umum tersebut:

- Gypsum 
Kalau gypsum menurut kami adalah jenis bahan plafon yang paling tenar saat ini. Bahan plafon ini pemasangannya  harus dipasang dengan sistem silang seperti pemasangan dinding bata untuk meminimalkan terjadinya retak pada  sambungan. sama halnya dengan pemasangan lembaran GRC.

- Kaca 
Plafon atau langit-langit kaca dapat memasukkan cahaya dan panas dalam jumlah yang sangat besar sehingga dapat  mengurangi pencahayaan buatan. Kaca juga bisa menjadi aksen ruang. Ini lebih baik jika menggunakan kaca  tempered dengan ketebalan minimal 10 mm. Apa itu kaca tempered nanti saya coba tulis di artikel lain ya.  Gampangnya kaca yang lebih kuat dan kalau pecah jadi butiran gitu. Catatan penting pemasangan plafon atau  langit-langit kaca membutuhkan bingkai yang kuat di semua sisi sehingga kaca terjepit kuat dan tidak bergerak.

- Kain
plafon atau langit-langit kain dapat memperkuat suasana ruang dalam rumah misalnya untuk mendapatkan suasana  yang hangat. Bahan ini juga dapat digunakan bila ruang rumah Anda terlalu tinggi sehingga suasana ruang  menjadi lebih nyaman.

- Kayu 
Dengan pengolahan yang baik, plafon atau langit-langit kayu bisa menjadi dekorasi yang indah dan eksotis. Bisa  memilih ekpos dengan rangka atapnya atau bentuk lain. Kayu yang digunakan untuk plafon atau langit-langit  harus kayu keras dan awet yang telah bebas rayap sehingga tidak mudah keropos dan telah di oven dengan baik  sehingga tidak mudah mengembang atau menyusut bila terpapar panas atau hujan. Contohnya adalah jati olahan.

Cara memilih plafon atau langit-langit rumah berdasarkan bahan budget 

Ketika Anda memilih bentuk plafon atau langit-langit, Anda harus memperhatikan dengan kemudahan instalasi dan  pemeliharaan, termasuk kemudahan dari pembuatan struktur rangka. Bila bentuk plafon atau langit-langit lebih  rumit, struktur rangka juga lebih rumit. Pembuatan Biaya plafon atau langit-langit akan membutuhkan lebih  banyak uang.

Cara memilih plafon atau langit-langit rumah berdasarkan warna
Warna plafon atau langit-langit mempengaruhi suasana kamar. Oleh karena itu, jika plafon atau langit-langit  Anda rendah, Anda harus menggunakan warna-warna cerah sehingga tidak merasa sempit. Anda dapat menggunakan  warna-warna lembut putih atau lainnya. Anda dapat memilih warna yang sama dengan warna dinding. Namun, jika  plafon atau langit-langit Anda tinggi, Anda harus menggunakan warna gelap sehingga plafon atau langit-langit  Anda akan tampak lebih rendah.


Atau anda ingin plafon alternatif bentuk konvensional plafon atau langit-langit datar atau material plafon yang itu itu saja. Tidak ada salahnya membaca artikel ini. Kalau pelaksanaanya ya bisa tinggal kontak roiputra saja (he he iklan). Mudah-mudahan harga cocok dan hasil memuaskan.
Mau tidak pusing memilih plafon atau plafon atau langit-langit rumah? Kami bersedia menjadi tim applikator  bagi plafond rumah anda dengan bermacam bentuk, bahan, warna, dan harga.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.